Byousoku 5 cm

Apaan tuh 5 cm? Jadi panjangmu cuman 5 cm? Atau diameternya yang 5 cm? Gyahahahahahahah, yang manapun kau telah gagal sebagai seorang pria nak!

Nonononono, ini bukan tentang itu. Post ini tentang sebuah movie buatan Makoto Shinkai yang superb banget menurutku. Begitu superbnya sampai kuputuskan untuk membuat postingan tentang movie tersebut. Judulnya “Byousoku 5 cm” atau kalo dilinggis bakal jadi “5 cm per second”. Pengen tau seberapa superbnya? Mari kita ulas setajam S I L E T!

Pertama-tama, mari kita review sejenak tentang storynya. Dalam movie ini terdapat 3 episode, meliputi : Cherry Blossom, Cosmonaut, dan 5 cm Per Second. Secara umum movie ini menceritakan tentang jarak antara dua insan manusia (cieeehhh!). Karakter utamanya adalah Takaki Tohno dan Akari Shinohara, dua orang teman masa kecil yang semakin jauh terpisah seiring dengan berjalannya waktu.

Pada episode Cherry Blossom kita diceritakan tentang hubungan antara Takaki dan Akari pada masa kecil mereka, kira-kira pada waktu SMP. Dikarenakan pekerjaan orang tua masing-masing, mereka harus berpisah satu sama lain. Sebelum perpisahan itu, Takaki memutuskan untuk menemui Akari yang telah pindah terlebih dahulu. Untuk bertemu dengan Akari, Takaki memutuskan untuk naik kereta api menuju kota tinggal Akari. Akan tetapi selama perjalanan, selalu saja ada masalah yang diakibatkan oleh cuaca buruk. Bagaimana akhirnya nanti? Silakan lihat sendiri, dan menurutku, episode ini adalah bagian paling penting dimana penonton akan diajak memahami bagaimana ikatan antara kedua orang tersebut.

Kemudian pada episode Cosmonaut kita maju hingga saat Takaki menginjak SMA. SMAnya dekat dengan tempat peluncuran roket, Tanegashima Space Center. Pada SMAnya ini Takaki bertemu dengan Kanae Sumida, teman sekelasnya yang ada rasa dengan Takaki (cicicuit!). Berhubung mereka berdua sudah kelas 3, Kanae gelisah dan galau (alah, galau -_-“) akan perasaannya kepada Takaki. Ia mencoba untuk menyatakan cinta kepada Takaki. Bagaimana akhirnya nanti? Apakah Takaki bisa melupakan Akari dan menerima Kanae?  Silakan lihat sendiri.

Lanjut ke episode terakhir, yaitu Byousoku 5 cm. Kini Takaki sudah bekerja sebagai seorang programmer di Tokyo (ehm, ehm . . .). Selama ini dia menjadi workaholic karena ia merasa ada yang harus ia capai. Tetapi apa yang harus ia capai, ia sendiri tidak mengerti. Lalu, bagaimana hubungannya dengan teman-teman ceweknya sebelumnya? Episode ini adalah yang paling singkat dari keseluruhan movie, tapi merupakan bagian penting dari keseluruhan movie (eh, semuanya penting deh perasaan . . .). Pesan utama movie ini terletak di Byousoku 5 cm ini. Apa itu? Silakan lihat sendiri.

Secara keseluruhan, ceritanya bener-bener ngena banget. Kita bisa nge-relate ceritanya dengan kehidupan kita sendiri. Jadi selama nonton movie ini, kita serasa jadi si Takaki. 5 jempol buat Pak Shinkai yang lihai ngeracik visual dan ceritanya. Oh iya, sudah kuceritain tentang betapa sugooi-nya artwork dalam movie ini? Bener-bener breathtaking deh pokoknya. Pak Shinkai ini bener-bener mahir memasukkan suasana hati dalam tiap landscape dalam movie ini. Jadi biarpun movienya agak minim dialog, kita bisa bener-bener tahu apa yang ada didalam pikiran aktornya.

Selain itu, ending songnya bener-bener pas mantab, ini nih

Overall, Byousoku 5 cm adalah pilem yang wajib tonton. Kalo ga ditonton dalam jangka waktu 3 hari semenjak membaca post ini, si Boogieman bakal datang dan membuat anda Boogie Time hingga tenaga anda habis dan mokad. Hati-hatilah  . . .

(Yang diatas cuman guyon, jangan dianggap beneran, kalo ada yang nganggap beneran . . . -_-“)

Iklan

5 pemikiran pada “Byousoku 5 cm

  1. itsudemo sagashite iru yo… dokka ni kimi no sugata wo…

    anime yang grafisnya SANGAT MEMUKAU meski hanya dikerjakan dengan jumlah orang yang sedikit

    Makoto Shinkai… seorang jenius yang berusaha menentang opini publik bahwa studio anime itu butuh banyak orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s