First Certification

Wah, sudah lama banget ga ngepos di blog ini. Kalo jarang diupdate, tujuan mulia dari blog ini tidak akan tercapai sampai kapanpun -_-”

OLEH KARENA ITU! Saya menuliskan post ini agar blog ini terUPDATE dengan info TERBARU dari JENGGOTZ!!!111

Kabar terbaru nih, hari ini baru saja menyelesaikan sertifikasi buat .NET framework. Lebih tepatnya sertifikasi dengan nomor 72-511, Desktop Application Certification (bener gitu gak sih, whatever, pokoknya tentang WPF). Akan saya ceritakan kronologis kejadiannya mulai dari awal manusia diturunkan ke bumi ini.

Pertama-tama, apa alasanku untuk mengikuti sertifikasi ini? Apakah saat itu dunia sedang mengalami krisis global yang tidak mampu lagi ditangani oleh umat manusia? Atau apakah telah terjadi distorsi ruang dan waktu yang menyebabkan aku harus mengambil tindakan? Tentu saja tidak, aku ikut soalnya dapat voucher dari Dreamspark Mikocok. Kok bisa dapat voucher, gratis? Karena aku ikut ngembangin aplikasi Dreamshare bersama tim Yuva Racsaca yang terdiri dari Junian, Jojo dan Fitri. Biarpun ga lolos sampe ke Jakarta (bener Jakarta?), sebagai salah satu partisipan kita bakal dapat voucher Dreamspark. Di Dreamspark kita bisa donlot aplikasi-aplikasi development semacam Visual Studio 2010 secara GRATIS! (gratis coy, artinya ga perlu mbayar, dan ga perlu keluar duit, hahay =))). Selain aplikasi, kita juga dapat voucher buat sertifikasi yang kusebutin tadi. (cerita gini doang kok dipanjang-panjangin, emang lolipop dipanjangin?)

Mikurosofutu Duraimusuparku

Nah, berhubung yang gratis-gratis bikin semangat jadi membara, biarpun lagi digempur dari berbagai sudut oleh Audit, MPPL, dan .NET (rekursif –a) aku sempat-sempatin buat belajar tentang WPF. Kalo diitung-itung cuma dapat waktu 3 hari buat belajar, tapi yang kurasa paling membantu ya waktu ngerjain FP .NET (OH HO! ironis . . . ), disitu aku mengenal konsep resource dan lain sebagainya.

Singkat cerita, aku mau ambil sertifikasi tanggal 28 Juni 2011 jam 14.30 melalui website prometric.com bareng Junian. Eh, paginya dia sms kalo ga bisa ikut tanggal itu. Ya udah deh, udah terlanjur nyiapin niat dan mas kawin, maju terus pantang mundur menuju Graha Pena! (tempat tesnya)

Aku berangkat dari rumah jam 13.45, niatnya mau ngeprint receipt dari prometric dulu, siapa tau entar ditagih sama test centernya. Habis itu langsung meluncur deh menuju Graha Pena jam 2an, masih ada 30 menit misalnya kalo ada kesasarnya (aduh, ketauan deh kelemahanku *malu). Tapi diluar perhitungan, bukan kesasarnya, tapi macetnya itu lho! Astaganaga! Aku  lupa kalo Wonocolo itu the next New York in Surabaya, kendaraan ramenya minta ampun! Sang Shogun pun dengan gesit meliuk-liuk melewati gerombolan mobil ibarat seekor cheetah yang berburu ditengah gerombolan gazelle (nagi?). Dan kesalahan perhitungan yang kedua pun muncul, ternyata jalan masuk Graha Pena itu jadi satu sama DBL Arena. Dan begitu melewatinya (kukira entry-nya setelah DBL Arena), aku pun langsung OOHHHHH SHIIIIIIEEETTTTT!!!!

WPF!

Terpaksa deh muter lagi . . . .

Singkat cerita, akhirnya aku sampe di Graha Pena. Setelah sampai langsung meluncur ke lantai 10 dengan roket tenaga kabel (lift maksudnya). Begitu sampe di Test Center (PT. Inixindo, kalo ga salah namanya), kulihat resepsionisnya lagi kosong. Begitu kupanggil, datang ibu-ibu (satu orang doang, bukan ibu-ibu sekampung -_-“) menyambut. Later, aku paham kalo ibunya lagi benerin sistem testnya dari prometric. Dia bilang lagi ada trouble setelah update. Harusnya aku confirm dulu ke situ, sebelum datang. Tapi alhamdulillah akhirnya bisa dipake buat sertifikasi juga akhirnya. Aku masuk ke dalam ruang testnya. Di dalam ruang test ini terdapat 3 komputer, yang masing-masing tersekat kayak diwarnet-warnet. (biar ga bisa bacem kali ya?). Dan selama test kita dapat satu gelas air putih dingin GRATIS! (aseeeek, gratisan lagi coy!)

Karena ada NDA, aku ga bisa ngomongin isi soal-soalnya, yaaa . .  . tentang WPF lah pokoknya (har har har >:) ). Dan setelah selesai, hasilnya langsung muncul di monitor, dan aku . . . . . .  . . . .  . LOLOS!! ASSSEEEEKKKKKKKK!!!!

HURRAH!

Setelah itu aku langsung keluar dari ruang test. Ibu penjaga langsung tanya “Sudah selesai mas?”, aku pun menjawab “Sudah, tapi kok soalnya gampang-gampang banget ya bu? Kalo gini semua orang juga bisa dong. Masa sertifikasi kayak gini sich? Apa gunanya sertifikasi dong kalo gitu?” sambil meringis (kalimat-kalimat setelah koma pertama adalah tambahan untuk humor belaka .red). Ternyata seharusnya, begitu aku selesein testnya, bakal keluar print-prinan hasil ujinya. Dan karena tidak keluar print-prinanan hasil ujiannya, akhirnya si ibu ini turun tangan lagi deh. Hasil test ini distempel pake stempel timbul (ngawurisasi, pokoknya hasil stempelnya timbul gitu)

Secara keseluruhan, ambil sertifikasi di Graha Pena ini enak banget. Pelayanannya juga ramah dan baik banget. Sayangnya, refresh rate kompienya rendah banget. Alhasil bikin ga enak mata. Saya ucapkan terima kasih kepada ibu-ibu yang sudah membantu dalam trouble-trouble teknis yang kualami. Selain itu terima kasih juga buat temen-temen Yuva Racsaca, yang tanpa mereka aku ga bakal nyentuh WPF dan voucher Dreamspark.

Dan itulah cerita saya mengenai sertifikasi pertama saya, di Graha Pena, dengan modal voucher Dreamspark biar bisa GRATISAN! =))

Alhamdulillah 🙂

Tinggalkan Balasan

