6th Semester Review

Sebenarnya, nilainya udah lama muncul sih, tapi berhubung waktu itu lagi malas akhirnya baru buat post sekarang :D. Btw, setelah menunggu dengan hati dag-dig-dug-duar akhirnya nilai-nilai matkul semester 6 akhirnya keluar! Dan hasilnya adalah . . . . . jreng, jreng, jreng!

TADAAAAA! meh . . .

Kalo dilihat sepintas sih, asik banget bisa dapat IPS 3.4 semester ini. Tapi masalahnya asik itu relatif, dan kalo liat nilai-nilai temenku nilai segitu tuh termasuk kategori “meh”. Ya mau gimana lagi, temen-temen dapat nilai 3.5++, bahkan ada yang dapat 4 coy! (yang dapat IPS 4 ada 2 orang lho, sugoooi!). Jujur sih, rasanya kecewa dapat nilai segitu. Soalnya aku ngerasa effort yang udah kukeluarin buat semester ini lebih NGGGGHHHH! daripada semester-semester yang lalu. Jadi ya wajar dong kalo effort sudah MAX tapi nilai dapat MEH . . .

MEH in High Definition

Nah, sekarang kita coba review matkul demi matkul di semester. Akan kita kupas setajam SILETTTTTT!

1. Pemrograman Framework .NET

Kalo menurutku, ini mata kuliah yang paling menarik di semester ini. Menarik? Bukannya banyak yang lagi sewot karena matkul ini ya? Bukan matkul secara keseluruhan, tapi apa yang diajarkan selama kuliah ini yang menarik (biarpun dosennya gitu. Gitu gimana? Well, ya . . . begitulah). Bagaimana kita merancang arsitektur aplikasi sehingga mempermudah kita saat akan mengembangkannya lebih lanjut. Diajari juga macam-macam class yang bisa digunakan dalam suatu project, sehingga kemampuan OOPku selama semester ini bertambah 1 level (aku memang ada rasa sama matkul-matkul OOP . . . *_*).

Dan yang kerasa banget perjuangannya adalah saat ngerjain FPnya, buat aplikasi buat perpustakaan. Yang bikin males tuh, kita disuruh sebisa mungkin sama persis dengan yang ada dibuku. Alamak! Mematikan kreatifitas ini namanya. Bagaimana kemampuan desain sistem kita mau bertambah coba. Tapi gapapa lah, toh aku juga bisa belajar konsep-konsep .NET 4 dari project ini, sehingga bisa lolos sertifikasi (UH! Sombong ya . . . Ga gitu coy, ini adalah sebagai penyemangat bagi yang lain juga, ckakakak!). Dan yang bikin nyesek tuh, katanya FP ini ga dimasukin penilaian! Wuih, gila . . . Sudah keringat darah dan penuh cucuran air mata, eh hilang begitu saja bagai debu yang tertiup angin. Mana aku dapat AB pulak! (Bukannya gak bersyukur, tapi aku ngerasa I deserve more than that!) (kasian si Togir, udah susah-susah ngerjain FP sendirian, eh dianya malah dapat E, yang sabar ya Bang . . .). Eniwei, pelajaran terpenting dari kuliah ini adalah ikhlas . . . (huuu, nyesek nulis gini :()

2. Animasi Komputer

Ini matkul spesial semester ini, karena ada guest star dari jurusan tetangga. Selama kuliah ini kita diajar sama Pak . . . (aduh, lupa namanya) yang merupakan dosen jurusan Despro. Dari kabar yang beredar nih, Pak . . . ini benar-benar berkompeten dibidangnya, bahkan bisa dibilang Tensai soalnya dia udah buat banyak produk dari kreatifitasnya.

Selama kuliah ini kita diajari buat animasi biped (kaki dua) pake 3ds Max. Kuliahnya fun, sering kutinggal buat donlot manga, ckakakakak. Tapi sayang dapat B. Ternyata nilainya nih ada yang aneh. Tugas 1 sama tugas 2 dapat nilai jelek, padahal kalo dibandingin sama yang nilainya bagus juga ga kalah jelek (ego). Dan ternyata, ada cerita dibalik itu semua. Nilainya dirandom sama yang ngasih nilai! (nilai tugas bukan bapaknya yang kasi nilai, dan demi menjaga nama baik, beberapa bagian cerita dihilangkan ;)). Akhirnya aku bareng sama Adi, Sasa sama Carol pergi nemui bapaknya di Despro. Dan karena bapaknya itu asik, akhirnya beliau bakal mereview nilai-nilai kita. YAY! Ga jadi B, semoga . . . (selama nulis ini, nilai masih belum diganti)

3. Audit Perangkat Lunak

Ini dia . . . . Matkul yang kusinggung di post sebelumnya. Kuliah yang mengalami HENSHIN secara radikal dan ekstrim ditengah-tengah semester. Dari kuliah yang mencoba untuk menilai performa sistem IT dari suatu perusahaan menjadi kuliah yang mencoba untuk menyaingi Google dalam dunia per-search engine-an. Creating schema of web services, finding the best web service according to schemas, with semantic search. SEMANTIK! Matkul sekelas TA! Luar Binasa!

Effort yang kukeluarin buat matkul ini juga hampir sama kayak FP .NET. Dan lumayanlah dapat nilai AB (biarpun masih ngerasa kurang juga, well . . . begitulah manusia, beri dia dua gunung emas dan dia akan minta yang ketiga). Berkat matkul ini, aku sempat rendezvouz kembali dengan Java, the ancient language of OOP. Dan dari sini aku tau arti dari kata VERBOSE (apa hubungannya, wes pokoke tulis ae lah!)

4. Manajemen Proyek Perangkat Lunak

Di matkul ini aku akhirnya dapat kesempatan buat diajar salah satu dosen legendaris TC, Pak Suhadi Lili. Selama kuliah ini kita diajari bagaimana memanage proyek dari perangkat lunak (lah! nama matkulnya aja MPPL -_-“). Selama kuliah kita gak disuguhi PPT apapun, dan pengajaran dilakukan secara heart to heart (hahah . . . -_-“). Dan walaupun aku orang visual, yang bakal bosen kalo ga ada sesuatu untuk dilihat, aku ga ngerasa bosen selama ngikuti matkul ini (ya kadang-kadang ngerasa bosen juga sih :D).

Mungkin matkul ini lebih tepat disebut workshop kali ya. Soalnya pembelajaran dilakukan melalui simulasi-simulasi dari real world case. Manteb nih, secara Pak Suhadi kan sudah banyak makan asam garam dunia Software Development. Pokoknya selama kuliah ini lebih banyak terjadi transfer of experience. Pokoknya sip dah!

5. Verifikasi dan Validasi Perangkat Lunak

YAY! Matkul ini dapat A! Weeeenaaaak =))

Selama kuliah ini kita diajari bagaimana mengetest suatu software serta risk management suatu proyek PL (risk yang terkait sama client kita ntar, soalnya kan ada kemungkinan si client ini orangnya . . . gitu, seperti yang diceritain sama Pak Suhadi). Mungkin untuk yang risk management masih belum bisa masuk ke otak, soalnya pembelajarannya ga secara simulasi. Untuk yang lain-lain seperti pembuatan dokumen testing serta proses testing Insya Allah sudah berhasil dengan sukses menelusup melewati celah-celah tengkorak. Selama matkul ini aku belajar cara pake STAF (Software Testing Automation Framework), sebuah framework untuk melakukan testing secara otomatis terhadap software kita. Tapi susah banget pakenya coy! Ga ada GUI, musti ngoding sendiri modul testingnya! Tapi STAF ini bener-bener powerful kalo menurutku, dia bisa melakukan testing sistem secara keseluruhan. Pokoknya susah diungkapkan dengan kata-kata (soalnya aku belajarnya aja butuh waktu satu minggu -_-“), kalo mau tau lebih lanjut bisa langsung tancap ke http://staf.sourceforge.net/

6. Realitas Virtual

Kuliah ini . . . yaaa . . . gitu deh. meh. Selama kuliah disuruh review game. Buat UTS disuruh buat game yang mengandung unsur realitas. Kalo kelompokku sih buat simulasi merchant pake RPG Maker. Sedangkan buat UASnya disuruh buat game yang menampilkan unsur realitas secara visual. Kelompokku buat simulasi Stadion Tambaksari. Pertama-tama kita survei dulu ke tempatnya buat foto-foto (bukan, bukan foto narsis, kecuali ada satu foto yang nampilin wajah Unyu, ternyata dia suka nampang juga). Setelah survei aku buat modelnya pake Google Sketchup. Dan dari model itu di import ke Unity sama si Kaped dan Unyu. Si Wanto? GFO-an. (soalnya aku bingung juga sih, mau kasih kerjaan apa ke dia -_-“). Overall, dapat B ga masalah, meh (._.)

Secara keseluruhan, semester ini nilai yang kudapat kurang memuaskan. Tapi aku BENAR-BENAR PUAS dengan apa yang sudah aku peroleh selama semester 6 ini. Pada semester ini serasa ada sesuatu yang bangkit di dalam diriku, apakah ini adalah saat dimana kemampuanku untuk memanipulasi ruang waktu telah bangkit? Inikah saatnya bagiku untuk menyelamatkan dimensi kelima dari ancaman monyet luar angkasa? Apapun itu, kini aku siap untuk menanggung takdir alam semesta di pundakku (SASUGA ORE!). Pokoknya di semester ini aku sadar kalau gak selamanya aku akan menjadi penonton. Aku adalah aktor utama dari kehidupanku. Dan mulai saat ini, aku harus menulis suatu skrip dimana tokoh utama tersebut akan berada dalam suatu cerita yang berakhir bahagia. (APPLAUSE! plok, plok, plok!)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s